Sabtu, 01 November 2014

Contoh-contoh Majas

1.      Asosiasi atau Perumpamaan
·         Wajahnya cantik bagaikan bidadari.
·         Kepalanya bulat bagaikan bola.
2.      Metafora
·         Dian adalah kembang desa di kampungnya.
·         Raja hutan mengaum sekuat-kuatnya.
3.      Personifikasi
·         Gunung Krakatau memuntahkan belerang dan material lainnya ke udara.
·         Api melahap rumah warga sekitar pabrik.
4.      Metonimia
·         Saya selalu memakai Ponds setiap pagi dan malam.
·         Ibu selalu menggunakan Masako ketika memasak.
5.      Ironi
·         Harum benar tubuhmu, sampai dikelilingi lalat.
·         Kuat sekali dia, mengangkat meja saja tidak bisa.
6.      Pleonasme
·         Saya hanya bisa menunduk ke bawah melihat kejadian itu.
·         Semua siswa yang telah naik ke atas diharapkan segera turun kembali ke bawah.
7.      Repetisi
·         Aku ingin kita tertawa bersama, aku ingin kita menangis bersama, aku ingin kita hidup bersama.
·         Jalan hidupku tidaklah indah, jalan hidupku tidaklah buruk, jalan hidupku biasa-biasa saja.
8.      Paralelisme
a.       Anafora
·         Rumahku harum
Rumahku bersih
Rumahku indah
·         Aku suka senyummu
Aku suka tawamu
Aku suka kamu
b.      Epifora
·         Melihat sikapmu membuatku sakit
Mendengar suaramu membuatku sakit
Membayangkan wajahmu membuatku sakit
·         Jika berjalan jauh, aku lelah
Jika mengangkat berat, aku lelah
Jika kurang beristirahat, aku lelah
9.      Hiperbola
·           Dia tidak berhenti menangis, rumahku sampai banjir begini jadinya.
·           Tawanya membangunkan orang-orang di berbagai belahan dunia.
10.  Litotes
·         Semoga pidato saya yang tidak bermakna ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

·         Saya harap sampai saat nanti Anda tidak melupakan teman Anda yang tidak berguna ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Calender

Blogger templates


widgeo.net
Flag Counter

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.
Dari : Situs Alfi

Popular Posts

Follower

Visitor

Recent Posts

Text Widget

My Tweeter